Mengenal Jenis-jenis Kompor, Ada Apa Saja?

Mengenal Jenis Jenis Kompor

Api merupakan elemen penting dalam memasak karena digunakan untuk memanaskan makanan. Oleh karena itu kompor merupakan salah satu peralatan memasak yang paling vital karena fungsi pemanasannya yang dapat membuat makanan menjadi matang.

Kompor berfungsi untuk memanaskan bahan makanan menggunakan perantara wajan, panci, dan lainnya. Hingga saat ini kompor telah mengalami banyak evolusi bentuk dan jenis. Berikut ini kami coba rangkum jenis-jenis kompor berdasarkan kategori-kategorinya:

Kompor Berdasarkan Bahan Bakarnya

Kompor menghasilkan panas dari proses pembakaran bahan bakar. Apa saja jenis-jenis kompor berdasarkan bahan bakarnya?

Kompor Kayu

Kompor Kayu

Kompor kayu atau dikenal juga sebagai tungku kayu bakar merupakan kompor tradisional yang sudah cukup jarang digunakan di indonesia. Kompor ini menggunakan kayu bakar yang diletakkan di bawah tungku sebagai bahan bakarnya.

Karena rasa masakan yang dihasilkan oleh kompor kayu cukup khas, beberapa penjual makanan tetap mempertahankan kompor kayu sebagai alat memasaknya.

Kompor Minyak

Kompor Minyak

Kompor minyak menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakarnya. Minyak tanah atau kerosene adalah kompor yang dahulu digunakan secara umum di Indonesia sebelum akhirnya digantikan oleh Kompor Gas.

Kelemahan dari kompor minyak adalah pembakarannya yang menggunakan sumbu menghasilkan polusi yang berpengaruh pada kesehatan.

Kompor Gas

Kompor Gas

Kompor gas adalah kompor yang menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Gas yang digunakan oleh kompor gas adalah LPG (Liquified Petrolium Gas), Metana (Gas Alam / PGN), dan Butane tergantung dari jenis kompor yang digunakan.

Kompor gas kini menjadi standar kompor di Indonesia karena digunakan oleh dapur rumah tangga hingga dapur komersil.

Kompor Listrik

Kompor Listrik

Kompor listrik memiliki cukup banyak variasi teknologi, ada yang menggunaakan heating element, infrared, dan induksi yang menggunakan gelombang magnet. Seluruhnya menggunakan listrik sebagai “bahan bakarnya”.

Kompor listrik merupakan kompor yang ramah lingkungan karena tidak meninggalkan jejak karbon hasil dari pembakaran.

Kompor Berdasarkan Cara Pasangnya

Ada beberapa cara memasang kompor sebelum kompor digunakan yaitu meletakannya di atas meja, menanamnya di dalam meja, dan yang berdiri sendiri tanpa meja. Berikut penjelasannya:

Kompor Portable

Kompor Portable

Kompor portable adalah kompor yang dapat dipindah-pindah. Kompor ini dapat dipasang di atas meja ataupun di atas lantai sesuai dengan kebutuhan pengguna. Cara pemakaiannya juga cukup mudah, hanya perlu diletakkan di suatu tempat yang stabil, pasang gas, dan kompor siap digunakan.

Dengan fungsi yang cukup fleksibel, kompor portable digunakan mulai dari rumah tangga hingga pedagang keliling.

Kompor Tanam

Kompor Tanam

Kompor tanam adalah kompor yang ditanam ke dalam meja dalam proses pemasangannya. Berbeda dengan kompor portable yang dapat dipindah-pindah, kompor tanam tidak bisa dipindah-pindah.

Kompor tanam biasanya memiliki body berbahan keramik atau kaca sehingga terlihat lebih elegan dibandingkan dengan kompor portable yang cukup mencolok.

Kompor Freestanding

Kompor Freestanding

Kompor freestanding adalah kompor yang dapat berdiri sendiri tanpa harus dipasang di atas meja. Biasanya kompor ini digunakan oleh dapur komersil seperti di hotel atau restoran besar.

Kompor freestanding sering kali hanya berupa kompor, namun tidak sedikit juga yang bagian bawahnya difungsikan sebagai rak atau oven.

Kompor Berdasarkan Fungsinya

Seiring perkembangan jaman, selain perbedaan fitur dan bahan bakar ada juga beberapa kompor yang didesain khusus berdasarkan fungsi atau tujuannya. Antara lain:

Kompor Rumah Tangga

Kompor Rumah

Kompor rumah tangga adalah varian kompor yang paling standar. Tidak ada fungsi atau fitur khusus meskipun memiliki cukup banyak variasi, sesederhana kompor dengan tungku.

Kompor Wok

Kompor Wok

Kompor wok adalah kompor yang dipakai khusus untuk memasak dengan wok atau wajan besar. Kompor Wok dapat ditemui di restoran yang menyajikan makanan chinese food atau dapur komersil lainnya.

Kompor Stock Pot

Kompor Stock Pot

Kompor stock pot adalah kompor besar yang khusus digunakan untuk memasak menggunakan panci besar. Kompor Stock Pot digunakan oleh dapur profesional atau catering yang menyediakan sup atau makanan kuah lainnya dengan jumlah besar.

Kompor Open Burner

Kompor Open Burner

Kompor Open Burner adalah kompor serbaguna yang digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti memasak dengan wajan, panci, teko, dan lainnya. Kompor Open Burner adalah kompor yang paling sering digunakan oleh dapur profesional karena multifungsi.

Kompor Oven

Kompor Oven

Kompor Oven adalah kompor yang juga dilengkapi oven di bagian bawahnya. Kompor Oven tidak hanya dapat ditemui di dapur profesional, namun juga di dapur rumah tangga. Unit ini dikenal juga sebagai freestanding cooker atau range.

Kesimpulan

Itulah jenis-jenis kompor yang ada di pasaran, semoga membantu Anda memahami kebutuhan kompor Anda.

Jika Anda tertarik untuk memiliki kompor dan peralatan memasak lainnya, Anda dapat menghubungi kami di  0818-0983-9269 untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Similar Posts