Kulkas Inverter, Apakah Itu?

Halo, kembali lagi bersama Refcon Polar Nusaindo. Setelah sebelumnya kita bahas jenis kulkas berdasarkan ukurannya, kali ini kita akan membahas mengenai teknologi yang digunakan pada kulkas. Ada dua teknologi yang digunakan saat ini, yaitu konvensional dan inverter.

Kulkas Konvensional atau Inverter

Grafik Pendinginan Konvensional dan Inverter
Ilustrasi Grafik Konvensional dan Inverter

Selain pada kulkas, kedua teknologi berikut digunakan secara umum di sistem pendingin lain seperti AC dan Freezer. Berikut penjelasan singkatnya:

Konvensional

Secara sederhana sistem pendinginan konvensional menggunakan kompresor yang akan mati ketika suhu sudah tercapai. Kompresor akan mengulang proses pendinginan dari awal kembali saat mendinginkan unit karena hanya memiliki satu kecepatan.

Inverter

Jika kompresor konvensional akan mati ketika suhu sudah tercapai, maka kompresor inverter akan menyesuaikan kinerja kompresor agar suhu tetap stabil karena memiliki beberapa kecepatan. Dengan begitu daya yang digunakan akan lebih rendah dibandingkan unit konvensional.

Kelebihan dan Kekurangan

Ada kelebihan dan kekurangan dari kedua teknologi tersebut

Konvensional

Kulkas konvensional telah terbukti memiliki ketahanan yang lebih kuat dan lebih aman digunakan di daerah dengan tegangan listrik yang tidak stabil. Lebih mudah diperbaiki karena sparepart banyak di pasaran dan lebih umum digunakan.

Namun, penggunaan listrik dalam kulkas Konvensional tidak seefisien Inverter karena kompresor hanya memiliki satu kecepatan saja. Begitupun dengan pendinginannya, tidak sestabil inverter.

Inverter

Pendinginan dan daya listrik lebih stabil, sehingga suhu tetap terjaga. Suara kompresor relatif lebih halus akibat kerja kompresor yang tidak terlalu berat. Lebih ramah lingkungan karena menggunakan refrigerant dengan jenis terbaru.

Untuk penggunaannya membutuhkan listrik dengan tegangan yang lebih stabil karena komponen kompresor inverter lebih rentan kerusakan. Sparepart untuk kompresor inverter relatif lebih mahal.

Penutup

Demikian rangkuman kami mengenai teknologi konvensional dan inverter pada kulkas. Untuk kedepannya ada kemungkinan kalau inverter akan menjadi teknologi yang digunakan secara umum seperti teknologi injeksi pada motor yang sebelumnya menggunakan karburator.Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga: Kenapa Kulkas Baru Tidak Boleh Langsung Dinyalakan?

Similar Posts