Apa Itu Mesin Pendingin? – Penjelasan, Fungsi, dan Jenisnya

Mesin Pendingin Penjelasan Jenis Dan Fungsinya

Mesin pendingin kini adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Penggunaannya juga bervariasi mulai dari rumah tangga hingga industri, namun apa sebenarnya mesin pendingin itu?

Apa Itu Mesin Pendingin?

Mesin pendingin adalah alat yang berfungsi untuk mendinginkan atau membekukan. Pendinginan terjadi akibat proses pemindahan panas dari suatu ruangan atau zat sehingga menciptakan suhu yang lebih rendah.

Proses pendinginannya melibatkan setidaknya 4 alat berikut: Kompresor, Evaporator, Kondensor, dan Refrigerant. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

Kompresor

Kompresor berfungsi untuk memompa refrigerant ke evaporator di dalam mesin pendingin.

Evaporator

Evaporator berfungsi untuk mendinginkan dengan cara menyerap panas menggunakan refrigerant dan menghembuskan udara dingin dengan bantuan kipas.

Kondensor

Kondensor berfungsi untuk membuang panas yang diserap oleh refrigerant di evaporator. Proses ini dibantu dengan kipas untuk mempercepat pembuangan panas.

Refrigerant

Refrigerant atau Freon adalah zat yang berfungsi untuk menyerap panas.

Keempat alat tersebut tergabung ke dalam siklus pendinginan yang berlangsung terus-menerus untuk menjaga temperatur sesuai dengan kebutuhan.

Apa Saja Jenis Mesin Pendingin?

Ada banyak mesin atau alat yang menggunakan sistem mesin pendingin. Contohnya antara lain:

AC / Air Conditioner

AC digunakan untuk mendinginkan suhu di dalam ruangan. Baik untuk kebutuhan rumah tangga, komersial, maupun industri tergantung jenis AC yang digunakan.

Water Chiller

Chiller yang dalam prosesnya menggunakan air. Umumnya digunakan dalam sistem AC Central atau mesin-mesin industri.

Refrigerator / Kulkas

Refrigerator atau kulkas adalah mesin pendingin komersial yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Terdapat berbagai varian kulkas yang tersedia seperti kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, dst.

Freezer

Freezer merupakan mesin pendingin komerisal yang digunakan untuk membekukan. Biasanya digunakan oleh pengusaha untuk menyimpan stok makanan.

Cold Storage

Cold Storage adalah ruangan yang didesain khusus dengan sistem pendinginan di dalamnya. Cold Storage digunakan untuk menyimpan stok makanan, minuman, daging, hingga obat-obatan.

Apa Fungsi Mesin Pendingin?

Mesin pendingin ketika digunakan memiliki berbagai fungsi antara lain:

Mendinginkan Udara

AC digunakan untuk mendinginkan udara di dalam ruangan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan individu yang beraktivitas di dalamnya serta mengatur sirkulasi udara seperti pada sistem AC Central.

Pengatur Kelembapan

Ketika beroperasi, mesin pendingin dapat mengurangi kelembapan yang terkandung di dalam udara sehingga udara menjadi lebih kering. Contohnya fitur Dry pada AC rumah.

Filter Udara

Mesin Pendingin dalam sistem tata udara dapat difungsikan juga sebagai filter udara. Contohnya ialah AC yang didalam ruangan dapat membantu memfilter udara yang bersirkulasi.

Penyimpanan Makanan dan Obat-obatan

Ada banyak mesin pendingin yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan, contohnya adalah Freezer Box, Under Counter dan Upright Chiller, hingga Cold Room. Seluruhnya dapat digunakan sebagai tempat simpan barang yang mudah rusak dengan aman.

Pendinginan Mesin

Mesin yang beroperasi dapat menimbulkan panas dan mesin pendingin digunakan untuk mencegah mesin-mesin tersebut mengalami overheating. Hal ini dapat membantu mesin industri untuk beroperasi lebih optimal. Contohnya pada pabrik pabrik atau data center yang menggunakan pendingin untuk mendinginkan suhu mesin.

Similar Posts